Minggu, 21 Juni 2009

Pengalaman Pertama ke Oriflame Bulungan

Sebenarnya ini kisah minggu lalu, tapi berhubung belum sempat tulis ya tulis sekarang aja deh :-)

Niat pertama mau ikutan training ke Bulungan jam 10-12, karena dah sebulan ngejalanin bisnis ini kok meraba-raba dalam gelap gitu ya. Maksudnya , nanya2 sama upline sampai upline bosen ( mungkin)..itu akibat dari males baca e-book ( padahal wajib lho)..Jujur sebenarnya bukan males sich..cuma blm selesai karena ga sempat. Lagi ada project dasyat di kantor yang harus diselesaikan bulan Juli nanti. Jadi pulang malam terus, jadi sampai rumah dah teler. Tapi alhamdulillah orderan datang terusss, jadi tak kuasa ku menolaknya :-)

Aku ke Bulungan diantar suami, karena berangkatnya kesiangan sampai sana jam 10.30. Huaaaaa antriannya banyak banget 102 !!Padahal barisan yang sdh dipanggil 60an..jadi masih ada 40 lagi. Akhirnya kuminta suami tercinta nunggu di tempat yang lebih nyaman, pilihannya di Blok M, sekalian ngenet katanya :-)

Trus aku tengok2 kanan kiri, mengamati konter2..dari kiri ke kanan , ada yang buat pendaftaran anggota baru...3 lagi konter buat order plus bayar, ada konter buat satu barang, ada orifast, ada Jakarta Motor Delivery... trus ada mbak2 di konter yang manggil2 nama orang...( ternyata itu tempat pesanan kita dikasih)
Cari2 Customer Care dimana ?? Eh pintunya nyelip diantara kerumunan para consultant yang lagi milih2 pesanan di katalog

Karena saking asyiknya mengamati kantor oriflame yang penuh itu, ga terasa sdh 11.30 tinggal sepuluh lagi nomorku dipanggil, n kelupaan ikut training jadinya.
Alhamdulillah setelah ngantri 1.5 jam, aku dilayani sama Mas yang ramah..trus bayar deh... Eh lima menit kemudian , namaku dipanggil... Ternyata cepat yang ada disini.
Kenapa cepat?? karena disini ga ada sistem interupsi, sedang di konter beli barang..kalo barang ga ada ada, consultant ada yang telp2 ke customer atau ada juga yang bolak-balik katalog atau CPL di depan konter..so, itu sangat memperlama pemesanan. Untung mba2 n Mas konter nya dengan sabar menunggu. Saran saya nich..
1. kalo ada order persiapkan dengan baik..
2. kalo ada barang habis, tawarkan alternatif lain
3. kalo alternatif lain ga ada, siapkan alternatif ke dua, ketiga, keempat
4. kalo mo nutup poin, mending buat daftar2 alternatif selanjutnya
5. kalo masih bingung alternatifnya apa , mending ngantri lagi deh :-)

Itu sedikit kesan-kesan saya... tapi yang LUAR BIASA adalah meski antrian ratusan, meski sumpek dan berdiri-diri berjam-jam.
1. Tetap aja para konsultant nya SEMANGAT-SEMANGAT sekali.
2. Trus sesama konsultant pada tolong menolong , pinjem2an katalog/ CPL
3. Ga pelit informasi, jadi yang baik hati bagi2 informasi ke saya.. kayak Orifast misalnya, tentang pembelian barang di Bulungan/ Rawamangun
4. Omset dari bisnis ini gila . Banyak banget !! Kalo setiap orang beli Rp.200.000 dan tiap hari antrian 300-500 orang per hari. Kalo dikali per bulan, per tahun Berarti omsetnya bukan M lagi, tapi T- T an. Wah kalo di prospek ke kantor ku. Aku bisa achieve tahun ini :-).
Sayang dah di kompetitor :-(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar